Thursday, April 17, 2014

makalah tentang ms word



MAKALAH MICROSOFT OFFICE WORD

BAB I
PENDAHULUAN

1A. Sejarah Microsoft office
Microsoft office adalah sebutan untuk paket aplikasi perkantoran buatan Microsoft dan dirancang untuk dijalankan di bawah sistem operasi Windows. Beberapa aplikasi di dalam Microsoft Office yang terkenal adalah Excel, Word, Access dan PowerPoint.
Microsoft Word atau Microsoft Office Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word.

SEJARAH

1981-1990 Banyak ide dan konsep Word diambil dari Bravo, pengolah kata berbasis grafik pertama yang dikembangkan di Xerox Palo Alto Research Center (PARC). Pencipta Bravo, Charles Simonyi, meninggalkan Xerox PARC dan pindah ke Microsoft pada 1981. Simonyi juga menggaet Richard Brodie dari PARC. Pada 1 Februari 1983, pengembangan Multi-Tool Word dimulai.
Setelah diberi nama baru Microsoft Word, Microsoft menerbitkan program ini pada 25 Oktober 1983 untuk IBM PC. Saat itu dunia pengolah kata dikuasai oleh WordPerfect dan juga WordStar. Word memiliki konsep "What You See Is What You Get", atau WYSIWYG, dan merupakan program pertama yang dapat menampilkan cetak tebal dan cetak miring pada IBM PC. Word juga banyak menggunakan tetikus yang saat itu tidak lazim sehingga mereka menawarkan paket Word-with-Mouse. Word processor berbasis DOS lain, seperti WordStar dan WordPerfect, menampilkan hanya teks dengan kode markup dan warna untuk menandai pemformatan cetak tebal, miring, dan sebagainya.
Word untuk Macintosh, meski memiliki banyak perbedaan tampilan dari versi DOS-nya, diprogram oleh Ken Shapiro dengan sedikit perbedaan dari kode sumber versi DOS, yang ditulis untuk layar tampilan resolusi tinggi dan printer laser, meskipun belum ada produk seperti itu yang beredar untuk publik. Setelah LisaWrite dan MacWrite, Microsoft pun mencoba untuk menambahkan fitur WYSIWYG ke dalam paket program Word for Macintosh. Setelah Word for Macintosh dirilis pada tahun 1985, program tersebut mendapatkan perhatian yang cukup luas dari masyarakat pengguna komputer. Microsoft tidak membuat versi Word 2.0 for Macintosh, untuk menyamakan versi dengan Word untuk sistem atau platform lainnya.
Versi selanjutnya dari Word for Macintosh, adalah Word 3.0, yang dirilis pada tahun 1987. Versi ini mencakup banyak peningkatan dan fitur baru tapi memiliki banyak bug. Dalam hanya beberapa bulan, Microsoft mengganti Word 3.0 dengan Word 3.01, yang jauh lebih stabil. Semua pengguna terdaftar dari Word 3.0 dikirimi surat yang berisi salinan Word 3.01 secara gratis, sehingga menjadikan hal ini kesalahan Microsoft paling mahal untuk ditebus pada waktu itu. Word 4.0, yang dirilis pada tahun 1989, merupakan versi yang sangat sukses dan juga stabil digunakan.Tahun 1990-1995
Pada rentang tahun ini, Word for Windows diluncurkan. Versi pertama dari Word for Windows dirilis Pada tahun 1989 dengan harga 500 Dolar Amerika Serikat. Dengan dirilisnya Microsoft Windows 3.0 pada tahun selanjutnya, penjualan pun akhirnya terdongkrak naik, mengingat Word for Windows 1.0 didesain untuk Windows 3.0 dan performanya sangat buruk jika dijalankan pada versi sebelumnya. Microsoft menunggu hingga merilis Word 2.0 untuk mengukuhkan Microsoft Word sebagai pemimpin pasar pengolah kata.

A. PENGERTIAN MICROSOFT WORD
Microsoft Word atau Microsoft Office Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word.

SEJARAH
1981-1990
Banyak ide dan konsep Word diambil dari Bravo, pengolah kata berbasis grafik pertama yang dikembangkan di Xerox Palo Alto Research Center (PARC). Pencipta Bravo, Charles Simonyi, meninggalkan Xerox PARC dan pindah ke Microsoft pada 1981. Simonyi juga menggaet Richard Brodie dari PARC. Pada 1 Februari 1983, pengembangan Multi-Tool Word dimulai.
Setelah diberi nama baru Microsoft Word, Microsoft menerbitkan program ini pada 25 Oktober 1983 untuk IBM PC. Saat itu dunia pengolah kata dikuasai oleh WordPerfect dan juga WordStar. Word memiliki konsep "What You See Is What You Get", atau WYSIWYG, dan merupakan program pertama yang dapat menampilkan cetak tebal dan cetak miring pada IBM PC. Word juga banyak menggunakan tetikus yang saat itu tidak lazim sehingga mereka menawarkan paket Word-with-Mouse. Word processor berbasis DOS lain, seperti WordStar dan WordPerfect, menampilkan hanya teks dengan kode markup dan warna untuk menandai pemformatan cetak tebal, miring, dan sebagainya. Word untuk Macintosh, meski memiliki banyak perbedaan tampilan dari versi DOS-nya, diprogram oleh Ken Shapiro dengan sedikit perbedaan dari kode sumber versi DOS, yang ditulis untuk layar tampilan resolusi tinggi dan printer laser, meskipun belum ada produk seperti itu yang beredar untuk publik. Setelah LisaWrite dan MacWrite, Microsoft pun mencoba untuk menambahkan fitur WYSIWYG ke dalam paket program Word for Macintosh. Setelah Word for Macintosh dirilis pada tahun 1985, program tersebut mendapatkan perhatian yang cukup luas dari masyarakat pengguna komputer. Microsoft tidak membuat versi Word 2.0 for Macintosh, untuk menyamakan versi dengan Word untuk sistem atau platform lainnya.
Versi selanjutnya dari Word for Macintosh, adalah Word 3.0, yang dirilis pada tahun 1987. Versi ini mencakup banyak peningkatan dan fitur baru tapi memiliki banyak bug. Dalam hanya beberapa bulan, Microsoft mengganti Word 3.0 dengan Word 3.01, yang jauh lebih stabil. Semua pengguna terdaftar dari Word 3.0 dikirimi surat yang berisi salinan Word 3.01 secara gratis, sehingga menjadikan hal ini kesalahan Microsoft paling mahal untuk ditebus pada waktu itu. Word 4.0, yang dirilis pada tahun 1989, merupakan versi yang sangat sukses dan juga stabil digunakan.

Ø  Tahun 1990-1995
Pada rentang tahun ini, Word for Windows diluncurkan. Versi pertama dari Word for Windows dirilis pada tahun 1989 dengan harga 500 Dolar Amerika Serikat. Dengan dirilisnya Microsoft Windows 3.0 pada tahun selanjutnya, penjualan pun akhirnya terdongkrak naik, mengingat Word for Windows 1.0 didesain untuk Windows 3.0 dan performanya sangat buruk jika dijalankan pada versi sebelumnya. Microsoft menunggu hingga merilis Word 2.0 untuk mengukuhkan Microsoft Word sebagai pemimpin pasar pengolah kata

Perkembangan Microsoft Office
Ø 1. Microsoft Office 3.0
Microsoft Office 3.0 dirilis pada bulan Agustus 1992, berisi Word 2.0, 4.0 Excel, PowerPoint 3.0 dan Mail 3.0. Ini adalah versi pertama Office yang juga dirilis pada CD-ROM. Pada tahun 1993, Microsoft Office Professional dirilis, yang ditambahkan Microsoft Access 1.1.
Ø 2. Microsoft Office 4.0, 4.1, 4.2
Microsoft Office 4.0 dirilis berisi Word 6.0, 4.0 Excel, PowerPoint 3.0 dan Mail. Firman itu disebut Word 6.0 sebagai sudah ada versi Macintosh Word 3, 4 dan 5 (Excel dan PowerPoint sudah bernomor sama dengan versi Macintosh).

Ø  3. Microsoft Office 95
Dirilis pada bulan Agustus 1995. Sekali lagi, nomor versi yang diubah untuk menciptakan paritas di paket - setiap program yang disebut versi 7.0 kecuali Word. Ia dirancang sebagai sebuah versi 32-bit sepenuhnya cocok dengan Windows 95. Office 95 tersedia dalam dua versi, Office 95 Standard dan Office 95 Professional. Versi standar terdiri dari Word 7.0, Excel 7.0, 7.0 PowerPoint, dan Schedule + 7.0. Edisi profesional berisi semua item dalam versi standar ditambah Access 7.0. Jika versi profesional dibeli dalam bentuk CD-ROM, juga termasuk Bookshelf.
Ø  4. Microsoft Office 97
Versi ini dirilis dengan banyak fitur dan pengembangan dibandingkan versi sebelumnya. Pengenalan terhadap command bar, sesuatu hal yang baru dimana menu dan toolbar dibuat lebih mirip dengan visual design-nya. Office 97 juga memiliki fitur Natural Language System dan Sophisticated Grammar Checking. Ini versi yang pertama kalinya menggunakan Office Assistant.
Ø  5. Microsoft Office 2000
Pada versi ini bayak opsi - opsi disembunyikan. Tentunya opsi tersebut juga penting, tetapi kecil penggunaannya oleh orang awam. Jika ingin digunakan opsi ini dapat dimunculkan. Salah satunya adalah Macro. Mengapa disembunyikan? Karena bisa menyebarkan virus macro. Office 2000 adalah versi terakhir yang bisa dijalankan di Windows 95. Pada versi ini juga tidak ada Product Activation. Enak kan? Product activation mulai ada di versi selanjutnya.

Ø  6. Microsoft Office XP (2002)
Dirilis bersamaan dengan Windows XP, dan merupakan upgrade besar dengan berbagai perangkat tambahan dan perubahan atas Office 2000. Office XP memperkenalkan fitur Safe Mode, yang memungkinkan aplikasi seperti Outlook untuk boot jika dinyatakan mungkin gagal. Kantor Safe Mode memungkinkan untuk mendeteksi dan memperbaiki atau memotong sumber masalah, seperti registry yang rusak atau rusak add-in. Tag Smart adalah sebuah teknologi diperkenalkan dengan Office XP. Beberapa tag cerdas beroperasi berdasarkan aktivitas pengguna, seperti membantu dengan kesalahan mengetik. Tag ini pintar yang disertakan dengan produk, dan tidak diprogram. Untuk pengembang, meskipun, ada kemampuan untuk membuat tag kustom cerdas. Dalam Office XP, tag kustom pintar bisa bekerja hanya dalam Word dan Excel. Microsoft Office XP termasuk perintah suara terintegrasi dan kemampuan dikte teks, serta pengenalan tulisan tangan. Office XP adalah versi terakhir untuk mendukung Windows 98, ME dan NT 4.0. Ini adalah versi pertama membutuhkan Aktivasi Produk sebagai tindakan anti-pembajakan, yang menarik kontroversi luas.
Ø  7. Microsoft Office 2003
Sesuai namanya, versi ini dirilis pada tahun 2003. Dengan fitur logo baru. Dua aplikasi baru juga ada yaitu, Microsoft InfoPath dan OneNote. Ini versi yang pertama kalinya menggunakan gaya Windows XP beserta Icon-nya. Outlook 2003 memberikan fungsi yang telah berkembang seperti Kerberos authentication, RPC over HTTP, dan Cached Exchange Mode. Pada versi ini juga ada penyaring junk mail yang telah dikembangkan. Office 2003 merupakan versi terakhir yang mendukung Windows 2000. Versi ini juga merupakan versi yang paling banyak dipakai di Indonesia terutama untuk Rental dan Warnet dalam kurun waktu terakhir 2009.

Ø  8. Microsoft Office 2007
Dirilis pada tahun 2007. Fitur baru Office 2007 ini termasuk antarmuka pengguna grafis baru yang disebut Fluent User Interface, menggantikan menu dan toolbar yang telah menjadi landasan Kantor sejak awal dengan toolbar tab, yang dikenal sebagai Pita; baru format file berbasis XML yang disebut Open Office XML, dan masuknya Groove, aplikasi perangkat lunak kolaboratif.
Ø  9. Microsoft Office 2010
Diselesaikan pada tanggal 15 April 2010, dan dibuat tersedia bagi konsumen pada tanggal 15 Juni 2010. Office 2010 diberi nomor versi 14,0, untuk menghindari nomor versi 13.0 karena takhayul yang berhubungan dengan nomor tiga belas. Fitur utama dari Office 2010 termasuk menu file belakang panggung, alat-alat kolaborasi baru, pita disesuaikan, melihat dilindungi dan panel navigasi. Microsoft Office 2010 juga dilengkapi dengan logo baru, yang mirip dengan logo 2007, kecuali di emas, dan dengan bentuk yang sedikit dimodifikasi.
Ø  10. Microsoft Office 2013
 ane tambah dikit ne gan, tahun 2012 udah di luncurkan MS office 2013

BAB II
PEMBAHASAN

A.Memulai Mengoperasikan Microsoft Word
I. Membuka Microsoft Word :
Untuk membuka Microsoft Word, ada beberapa cara , Diantaranya adalah :
1. Klik Tombol Start yang ada di taskbar.
2. Pilih menu Program
3. Kemudian pilih dan klik program aplikasi Microsoft Word. Tunggu sampai
 jendela program Microsoft Word ditampilkan.

II. Membuat Dokumen Baru
Jika kita baru memulai mengoperasikan Microsoft Word, biasanya akan langsung ditampilkan dokumen kosong yang siap untuk ditulisi. Namun, jika komputer tidak secara otomatis menyediakan dokumen kosong, cara berikut ini bisa menjadi alternatif dalam membuat dokumen baru. Diantaranya adalah :
1. Pada jendela Microsoft Word , pilih menu File, klik tombol New, kemudian klik tombol General.
2. Double klik pada icon Blank Document untuk membuat dokumen baru.
3. Jendela siap untuk digunakan pengetikan.
·         Atau bisa juga menggunakan alternatif lain :
1. Klik tombol New Document yang ada pada baris menu.
2. Pada jendela program Microsoft Word, dapat kita pilih menu File | New, maka setelah kita memilih Blank Document, dokumen kosong akan ditampilkan pada layar komputer anda.
3. Selain kedua alternatif di atas, bisa juga dengan langsung menekan tombol Ctrl+N, maka dokumen baru akan ditampilkan di layar anda.

III. Membuka file yang sudah tesimpan
1. Klik menu File dan klik tombol Open, maka akan tampil kotak dialog Open.
2. Pilih file yang ingin dibuka dengan menentukan letak foldernya terlebih dahulu.
3. Klik pada nama file yang akan dibuka.
4. Klik tombol Open, maka file yang tadi dipilih akan dibuka oleh Microsoft Word.

IV. Menyimpan Dokumen
1. Segera setelah memulai pengetikan, sebisa mungkin dilakukan penyimpanan. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga kemungkinan kehilangan dokumen.
2. Pada jendela Microsoft Word , pilih menuFi l e, klik tombolS ave.
3. Pada layar akan ditampilkan kotak dialog Save. Ketikkan nama file dokumen, dan klikS ave. Lakukan penyimpanan file sesering mungkin, untuk menghindari kemungkinan komputer padam secara mendadak.

V. Menutup File Dokumen
1. Setelah menyimpan file dokumen, untuk menutup file, pada jendela Microsoft
Word, pilih menuFile, klik tombol Close, maka Microsoft Word akan menutup
file dokumen yang sedang aktif.
2. Atau bisa dilakukan dengan menekan tombol close pada baris menu.

VI. Menutup Jendela Microsoft Word
1. Pada jendela Microsoft Word, pilih menuFile, klikExit, maka jendela Microsoft Word akan tertutup.
2. Pastikan bahwa dokumen yang telah anda ketik sudah tersimpan dengan benar.
3. Selain dengan menu File, menutup jendela Microsoft Word juga dapat dilakukan dengan menklik tombol X yang terletak di pokok kanan atas dari jendela Microsoft Word.

B. Mengetik Dokumen Sederhana
Pada saat memulai program aplikasi Microsoft Word , secara otomatis, dokumen baru yang masih kosong yang diberi nama Document1 akan ditampilkan dan siap digunakan.Setiap mengetikkan teks, teks yang Anda ketik akan muncul di posisi kursor dan kursor akan bergeser ke kanan. Anda dapat memindahkan kusor dengan keyboard atau mouse. Jika teks yang yang sedang anda ketik mencapai akhir dari baris, maka teks tersebut akan dilipat dan kursor secara otomatis pindah ke awal baris berikutnya. Bila perlu tekan tombolEn ter untuk memindahkan titik sisip ke baris berikutnya., hanya jika anda ingin memulai pengetikan di baris baru sbelum mencapai batas kanan, membuat baris kosong atau memulai paragraf baru.
Microsoft Word mendefinisikan sebuah paragraf sebagai sejumlah karakter, kata, atau kalimat yang diakhiri dengan tanda paragraf. Tanda paragraf akan disisipkan pada waktu anda menekan tombolEn ter. Tanda paragraf ini penting untuk mengetahui di mana suatu paragraf dimulai dan berakhir pada dokumen anda. Dalam keadaan defaultnya, tanda paragraf ini tidak ditampilkan. Sebagai contoh, cobalah untuk mengetik surat sederhana berikut pada Dokumen 1 yang masih kosong, dan simpan dokumen tersebut dengan nama Undangan Training.

C. Mengedit Teks
Jika anda membuat kesalahan selam proses pengetikan, Anda dapat
memperbaikinya dengan berbagai cara berikut ini :
• Tekan tombol Backs Space untuk menghapus satu karakter di kiri titik sisip.
• Tekan tombol Delete untuk menghapus karakter di kanan titik sisip.
• Untuk melakukan pengulangan dari teks yang baru Anda ketik, pilih menu Edit, Repeat Typing (Ctrl+Y).
• Untuk menghapus teks yang baru saja Anda ketik, pilih dan klik menu Edit, Undo Typing (Ctrl+Z) atau klik tombol Undo pada toolbar Standard.
• Untuk pindah ke baris baru tanpa menyisipkan sebuah tanda paragraf, tekan tombol Shift+Enter.

D. Meng-Copy / Menyalin Teks
Untuk menyalin teks yang Anda pilih ke lokasi lain, ikuti langkah berikut ini :
1. Pilih teks yang akan Anda salin.
2. Kemudian pilih dan klik menu Edit, Copy (Ctrl+C).
3. Tempatkan titik sisip di lokasi baru.
4. Kemudian pilih dan klik menu Edit, Paste (Ctrl+V).

E. Men-Delete / Menghapus Teks.
Untuk menghapus teks yang telah Anda pilih, ikuti langkah berikut ini.
1. Pilih teks yang akan anda hapus.
2. Kemudian pilih dan klik menu Edit, Clear atau tekan tombol Delete.

F. Meng-Cut-Paste/Memindahkan Teks.
Untuk memindahkan teks yang Anda pilih ke lokasi yang baru, ikuti langkah
berikut ini :
1. Pilih teks yang akan Anda pindahkan
2. Kemudian pilih dan klik menu Edit, Cut (Ctrl+X).
3. Tempatkan titik sisip pada lokasi baru.
4. Kemudian pilih dan klik menu Edit, Paste (Ctrl+V).

G. Format Teks
• Pilih atau sorot teks yang akan anda format, kemudian atur formatnya sesuai yang anda inginkan.
• Tempatkan titik sisip pada posisi awal pengetikan teks,atur formatnya, kemudian ketik teks yang Anda inginkan.
Dengan cara ini, semua teks yang Anda ketik mulai dari posisi titik sisip akan mengikuti format yang Anda pilih sampai Anda melakukan perubahan kembali ayau memindahkan posisi titik sisip ke bagian lain pada dokumen.

H. Mengubah Jenis dan Bentuk Huruf (Font)
Setiap jenis dan bentuk huruf (Font) mempunyai nama, misalnya Arial, Times, Courier, dan lain-lain. Untuk mengubah Font dari teks yang sebelumnya adalah :
• Pilih atau sorot teks yang akan Anda ubah fontnya.
• Pilih dan klik font yang Anda inginkan pada tombol daftar pilihan font yang
terdapat pada baris toolbar Formatting atau tekan tombolCtrl+S h if t+F.

I. Mengubah Ukuran Huruf (Font Size)
Semua teks yang anda ketikkan pada dokumen baru dengan menggunakan template Blank Document akan memakai pilihan default font Times New Roman dengan ukuran huruf 10 point. Untuk mengubah ukuran huruf (font size) dari teks yang sebelumnya anda ketik, ikuti langkah berikut ini :
• Pilih atau sorot teks yang akan anda ubah ukurannya.
• Pilih dan klik ukuran yang anda inginkan pada tombol daftar pilihan Font Size yang terdapat pada baris toolbar formatting atau tekan tombol Ctrl+Shift+P.

J. Mengatur Format Paragraph
Dalam Microsoft Word, paragraf adalah segala sesuatu yang diakhiri dengan menekan tombolEn ter. Paragraf mungkin berupa judul laporan, bagian suatu daftar, baris kosong di antara dua paragraf, sekumpulan teks atau kalimat yang 7
mempunyai satu pemikiran. Anda dapat mengatur format paragraf dengan
menggunakan salah satu cara berikut ini :
• Pilih paragraf yang akan anda format, kemudian atur formatnya sesuai dengan keinginan anda.
• Tempatkan pada titik sisip pada posisi awal pengetikan paragraf atau
formatnya, kemudian ketik paragraf yang Anda inginkan. Dengan cara ini,
semua paragraf yang anda ketik mulai dari posisi titik sisip akan mengikuti
format yang anda pilih sampai anda melakukan perubahan kembali atau
memindahkan posisi titik sisip ke bagian lain pada dokumen.

K. Mencetak Dokumen
Apabila anda ingin mencetak dokumen anda, dokumen tersebut harus sudah diaktifkan atau ditampilkan di layar. Untuk mencetak dokumen yang sedang aktif di layar, ikuti langkah berikut ini :
1. Pilih dan klik menu File, Print (Ctrl+P). Kotak dialog Print akan ditampilkan.
2. Pada tombol daftar pilihanName, pilih dan klik printer driver yang anda inginkan.
3. Anda dapat menentukan halaman yang akan anda cetak, dengan cara melakukan pemilihan dan pengisian pada kotak Page Range.
• Klik tombol pilihan All, jika Anda bermaksud mencetak seluruh isi dokumen.
• Klik tombol pilihan Selection , bila Anda ingin mencetak teks yang anda pilih.
4. Apabila anda ingin mencetak dokumen tersebut lebih dari sati kali, isilah kotak isian Number of Copies dengan jumlah salinan yang anda inginkan.
5. Pada tombol daftar pilihan Print what, pilih Document bila ingin mencetak isi dokumen.
6. Tentukan halaman yang akan dicetak pada tombol pilihan Print.
• All pages in range, bila anda ingin mencetak halaman ganjil maupun halaman genap.
• Odd pages, jika Anda ingin mencetak halaman ganjil saja.
• Even pages,
7. KlikO K.

L. Mengakhiri Microsoft Word
Setalah seluruh kegiatan pengetikan, pengeditan, dan juga pencetakan dokumen selesai, maka kita dapat mengakhiri operasi Microsoft Word setelah terlebih dahulu kita memastikan bahwasannya dokumen sudah tersimpan dengan baik. Jika belum, maka simpanlah dokumen yang telah anda ketik dan edit erlebih dahulu, baru kemusian keluar dari Microsoft Word.
Untuk keluar dari Microsoft Word, dapat dipilih di antara cara-cara berikut ini :
1. Pilih dan klik tombol pada menu File, Exit .
2. Klik tombol bertanda silang pada pojok kanan atas jendela Microsoft Word.
3. Tekan Alt +F4

B. Bagian-bagian yang ada pada Microsoft word 2003 beserta fungsinya
Berikut ini sebuah gambar tampilan pada Microsoft word 2003 dan beberapa fungsi yang ada di dalamnya:

Gbr 1.1 Microsoft word 2003

Di dalam Microsoft word 2003 terdiri dari yang namanya Tollbar. Toolbar adalah kumpulan perintah-perintah yang digunakan untuk membuat suatu dokumen dalam program pengolah kata Microsoft word.Toolbar itu sendiri terdiri atas 3 bagian, yaitu:

ToolBar Menu
     Yang termasuk ke dalam toolbar menu adalah:
1. Menu File
             Menu file  berfungsi  untuk  mengatur file  dokumen  seperti  menyimpan, membuka, mengatur kertas  dokumen, dsb. Berikut ini  gambar dan fungsi  bagian yang ada di  menu file.


Gbr 1.2 Microsoft word 2003

1. New : Membuat file yang baru.
2. Open : Membuka File yang pernah kita buat  (Ctrl+O).
3. Close : Menutup file yang sedang kita buka.
4. Save : Menyimpan  dokumen  yang  sebelumnya  telah  kita  simpan  dan  telah diberi nama (Ctrl+S).
5. Save As Menyimpan  file yang baru dalam  hal ini  kita  perlu  mencantumkan    nama file yang akan kita tempatkan file tersebut.
6. Save as Web Page Menyimpan dokumen sebagai halaman web.
7. Web page Preview : Preview halaman web.
8. Page Setup : Mengatur halaman, ukuran kertas, ukuran margin, dll.
9. Print Preview : Menampilkan hasill kerja yang telah kita buat pada kertas.
10. Print : Mencetak dokumen yang telah kita buat pada kertas (Ctrl+P).
11. Sent To : Mengirimkan dokumen.
12. Exit : Keluar dari Program Word.

2. Menu Edit
Menu Edit berfungsi  untuk  melakukan  pengeditan  dokumen. Berikut  ini gambar dan fungsi bagian yang ada di menu edit.


Gbr 1.3 Microsoft word 2003

1. Undo Typing : Membatalkan perintah yang sudah terlanjur dilaksanakan.
2. Repeat Typing : Membatalkan perintah yang telah terlanjur dibatalkan.
3. Cut : Menghapus suatu objek dari lembar kerja.
4. Copy : Mengcopy  suatu objek yang tersimpan pada clipboard ke dalam lembar kerja kita.
5. Clear : Membersihkan.
6. Paste : Mengambil object  yang  sudah  disimpan  pada  clipboard dengan  cara meletakkan kursor pada posisi y yang tepat.
7. Paste Special : Mengambil object  yang  sudah  disimpan  pada  clipboard yang kemudian diletakkan dilembar kerja.
8. Select All : Memilih keseluruhan yang ada pada lembar kerja kita.
9. Find : Mencari suatu kata tertentu yang ada pada naskah.
10. Replace : Mengganti kata yang ada pada naskah dengan kata yang baru secara keseluruhan.
11. Go To : Menuju kehalaman, baris, persamaan tertentu dengan cepat.

3. Menu View
            Menu View  berfungsi  untuk  mengatur   bagaimana  tampilan   dokumen. Berikut  ini gambar dan fungsi bagian yang ada di menu view.

Gbr 1.4 Microsoft word 2003

1. Normal : Menampilkan format teks tetapi disederhanakan halamannya sehingga mempermudah kita dalam melakukan pengetikan, dan pengeditan dokumen.
2. Print Layout : Menampilkan bagaimana teks yang sesungguhnya.
3. Reading Layout : Membaca dokumen halaman per halaman.
4. Task Pane : Menampilkan beragam perintah cepat Word.
5. Ruller : Menampilkan ukuran garis pada lembar kerja kita.
6.Markup : Melakukan pengaturan komentar dalam projek.
7. Headaer and Footer : Membuat  judul  berulang  diatas  (header)  dan  dibawah (footer).
8.
 Full Sscreen : Menampilkan lembar dokumen secara layar penuh.
9.
 Zoom : Memperbesar dan memperkecil tampilan dokumen.

4. Menu Insert         
              Menu Insert berfungsi untuk menambahkan sesuatu ke dalam dokumen.
Berikut  ini gambar dan fungsi bagian yang ada di menu insert.


Gbr 1.5 Microsoft word 2003

1. Break : Berganti Halaman.
2. Page Number : Penomoran halaman.
3. Date and Time : Menyisip waktu dan hari serta formatnya.
4. Symbol : Menyisip suatu symbol.
5. Footnote : Membuat catatan kaki.
6. Picture : Menyisip gambar.
7. Diagram : Menyisip diagram kedalam dokumen.
8. Text Box : Menyisip teks di dalam kotak.
9. File : Menyisipkan suatu file pada lembar kerja kita.
10.Object : Menyisip suatu objek  atau program lain  yang  akan  digunakan dalam bekerja.

5. Menu Format
             Menu Format berfungsi untuk mengatur format sebuah dokumen. Seperti mengatur format huruf, paragraf dll. Berikut  ini gambar dan fungsi bagian yang ada di menu format.


Gbr 1.6 Microsoft word 2003

1. Font : Mengatur huruf- huruf dalam pembuatan dokumen.
2. Paragraph : Mengatur jarak baris ( Line Spacing ).
3. Bullet and Numbering : Fasilitas untuk memberi simbol tertentu atau penomoran dalam baris.
4. Border and shading : Memberi border ( Bingkai ), dan shading pada teks yang kita buat.
5. Columns : Membagi lembar kerja menjadi beberapa kolom.
6. Tabs : Untuk mengatur ukuran tab.
7. Drop Caps : Memperbesar huruf pertama tiap paragraph.
8. Teks Direction : Memberikan efek arah teks pada alinea yang dipilih.
9. Change Case : Merubah bentuk tulisan, dari huruf kecil menjadi huruf besar dan sebaliknya.
10. Back Ground : Mengatur warna latar belakang lembar kerja.
11. Theme : Menerapkan tema yang diinginkan.
12. Styles and Formatting : Memformat jenis huruf.

6. Menu Tools
            Menu Tools mempunyai fungsi untuk mengatur program kerja. Berikut  ini gambar dan fungsi bagian yang ada di menu tools.

  
Gbr 1.7 Microsoft word 2003

1. Speling and Grammar :Mengoreksi naskah dalam bahasa inggris.
2. Research :Mencari dokumen tertentu.
3. Letter and Mailing :Membuat surat dan email.
4. Macro :Membuat macro, merekam, dan memproteksi makro.
5. Customize :Pengaturan,  penambahan, dan  pengurangan  jenis  ikon  yang aktif yang akan digunakan dalam menu.
6. Options :Melakukan pemilihan dan pengaturan metode maupun pengaturan umum.

7. Menu Table
          Menu Table  berfungsi  untuk membuat table  dan mengatur tabel  tersebut.
Berikut  ini gambar dan fungsi bagian yang ada di menu table.


Gbr 1.8 Microsoft word 2003

1. Draw Table : Untuk mengeluarkan toolbars table and border.
2. Insert : Perintah untuk menyisip tabel, baris, dll.
3. Delete : Menghapus tabel, baris dll.
4. Select : Memilih suatu tabel, baris, kolom dll.
5. Merge Cells : Menggabung beberapa cell tabel dalam satu cell.
6. Split Cells : Memisahkan kembali Cell yang telah digabung.
7. Split Table : Membagi suatu sel pada table.
8. Tabel Auto Format : Membuat suatu tabel sekaligus memformatnya.
9. Auto Fit : Membuat tabel dan kolom tabel sesuai dengan acuan yang ada.
10. Heading rows repeat : Menggunakan judul atau Header tabel berulang.
11. Convert : Merubah teks untuk tabel dan sebaliknya.
12. Sort : Mensorting data yang ada pada table.
13. Formula : Memasukkan suatu fungsi atau rumus pada table.
14. Hide Gridlines : Menampilkan garis pada suatu table.

8. Menu Windows
             Menu Windows  berfungsi  untuk   mengatur  lembar  kerja. Berikut   ini gambar dan fungsi bagian yang ada di menu windows.


Gbr 1.9 Microsoft word 2003

1. New Window : Membuat lembar kerja window baru.
2. Arrange : Menyusun dokumen-dokumen yang aktif.
3. Split : Membagi lembar kerja dalam beberapa bagian.
9. Menu Help
           Menu Help berfungsi untuk memberi bantuan kepada kita yang belum tahu
Microsoft Word. Salah satu bagian yang ada menu help yaitu:

1.     Microsoft office Word help : Menampilkan fasilitas help yang biasa membantu kita dalam menyelesaikan masalah.

Toolbar Standart
Tollbar standart ini terletak  di bawah toolbar menu dan pada toolbar standart ini berbentuk gambar.Bagian-bagian dari toolbar standart antara lain:
1. New Blank Document : Membuat file yang baru.
2. Open : Membuka file yang telah disimpan.
3. Save : Menyimpan dokumen.
4. Permission : Menentukan izin akses dokumen.
5. E-Mail : Membuat dokumen menjadi surat email.
6. Print : Mencetak dokument yang sudah diketik.
7. Print Preview : Melihat tampilan dokumen sebelum di cetak.
8. Spelling and Grammar : Mengoreksi naskah dalam bahasa inggris.
9. Research : Melakukan pencarian dokumen dalam suatu file.
10. Cut : Menghapus suatu objek dari lembar kerja kita.
11. Copy : Mencopy suatu objek yang tersimpan pada clipboard.
12. Paste : Mengambil objek yang sudah ada dalam clipboard.
13. Undo Typing : Membatalkan perintah yang sudah dilakukan.
14. Can’t Redo : Membatalkan Perintah yang sudah dibatalkan.
15. Format Painter : Memformat naskah dengan fasilitas Painter.
16. Tables and Borders : Menampilkan menu Tabel dan Border.
17. Insert Table : Menyisip table.
18. Insert Ms Excel : Menampilkan lembar kerja Microsoft Excel.
19. Columns : Membagi lembar kerja menjadi beberapa kolom.
20. Drawing : Menampilkan menu Drawing.
21. Show/hide : Menampilkan atau menyembunyikan karakter yang tersembunyi.
22. Zoom : Memperbesar/memperkecil Lembar Kerja.
23.Microsoft office Word help :  Menampilkan Bantuan.
24. Read : Membaca dokument halaman per halaman.

10. ToolBar Formatting
Toolbar Formatting ini terletak di bawah toolbar standart.Bagian-bagian di dalam toolbar ini antara lain:
1. Styles and Formating : Memformat huruf.
2. Style : Jenis jenis huruf.
3. Font : Merubah Jenis-jenis Huruf.
4. Font Size : Ukuran huruf.
5. Bold : Menebalkan huruf teks.
6. Italic : Membuat Teks menjadi miring.
7. Underline : Menggaris bawahi Teks.
8. Align Left : Perataan Kiri.
9. Center : Perataan tengah.
10. Align Right : Perataan kanan.
11. Justify : Perataan kiri-kanan.
12. Line Spacing : Mengatur spasi dalam pengetikan.
13. Numbering : Memberi nomor secara berurutan setiap baris.
14. Bullets : Memberi simbol tertentu yang hampir sama dengan nomor paragraph.
15. Decrease Indent : Menggeser Indentasi ke kiri.
16. Increaase Indent : Menggeser indentasi ke kanan.
17. Outside Border : Membuat border pada teks.
18. Highlight : Memberi warna arsiran pada teks.
19. Font Colour : Mengatur Warna teks.

Cara menggunakan dan mengaktifkan micrisoft word 2007
Untuk menggunakan dan mengaktifkan word 2007 dapat dilakukan dengan langkah sebagai berikut :
1.      Klik menu start pada taskbar.
2.      Klik all programs -->Microsoft Office --> Microsoft Office Word 2007.

·         Mengenal Elemen Jendela Word :
Menu Bar 
Menu bar bisa dibilang sama seperti menu horizontal pada blog, yang mempunyai sub-sub menu. Menu bar terdiri atas :
a.    Home
Home merupakan menu utama yang akan tampil pada saat pertama kali anda membuka word 2007. Menu home terdiri dari toolbar standar yaitu font, tool bar formatting dan paragraph, styledan editing serta clipboard.
b.    Insert
Menu insert terdiri dari : Pages, Tables, Illustrations, Links, Header & Footer, Text, Symbol.
c.    Page Layout
Menu page layout terdiri dari : Themes, Page Setup, Page Background, Paragraph dan Arrange.
d.    References
References terdiri dari : Table of Contents, Footnotes, Citations & Bibliography, Captions, Index, Table of Authorities.
e.    Mailings
Mailings terdiri dari : create, start mail merge, write & insert Fields, preview results, finish.1.6 ReviewReview terdiri dari : proofing Comments, Tracking, changes, Compare dan Protect.
Dan ini adalah shortcut yang dipakai dalam Microsoft Word buat rekan – rekan..
Ctrl + a –> Select all.
Ctrl + b –> Bold.
Ctrl + c –> Copy.
Ctrl + d –> Edit font.
Ctrl + e –> Rata tengah.
Ctrl + f –> Find.
Ctrl + g –> Go to.
Ctrl + h –> Replace.
Ctrl + i –> Italic.
Ctrl + j –> Rata kiri kanan.
Ctrl + k –> Insert hyperlink.
Ctrl + l –> Rata kiri.
Ctrl + m –> Mengatur indent kiri.
Ctrl + n –> Membuat dokumen baru.
Ctrl + o –> Membuka dokumen yang telah ada.
Ctrl + p –> Print.
Ctrl + q –> Membersihkan format paragraph.
Ctrl + r –> Right.
Ctrl + s –> Save.
Ctrl + t –> Mengatur hanging indent kiri.
Ctrl + u –> Underline.
Ctrl + v –> Paste.
Ctrl + w –> Close window.
Ctrl + x –> Cut.
Ctrl + y –> Redo.
Ctrl + z –> Undo.
Ctrl + ] –> Perbesar font size.
Ctrl + [ –> Perkecil font size.
Ctrl + = –> Subscript.
Ctrl + Shift + = –> Superscript.
Ctrl + scroll ke atas –> Zoom In.
Ctrl + scroll ke bawah –> Zoom Out.


Microsoft Word (selanjutnya dalam tutorial ini disingkat MS Word atau Word) merupakan program untuk mengolah kata (teks). Program ini bisa digunakan untuk menulis dokumen misalnya skripsi, novel, laporan penelitian, laporan,dan sebagainya. Selain menulis teks, MS Word juga dapat digunakan untuk bekerja dengan tabel, teks artistik, formula, menyisipkan gambar, shape, bagan organisasi dan lainnya.
Secara default, tampilan area kerja program MS Word terdiri atas Title Bar,
Menu Bar, Tool Bar, Ruler, dan Task Pane, Ruler, scroolbar, status bar. Tampilan lembar kerja dapat dilihat seperti gambar berikut:

1. Title Bar : berisi judul dokumen dan tombol, minimize,maximize,Exit.
2. Menu Bar : berisi menu-menu shorcut perintah dalam word.
3. Toolbar : berisi tombol-tombol shorcut perintah dalam word.
4. Tombol close dokumen.
5. Task Pane : Panel task (kumpulan task dalam word).
6. Vertical scroolbar : menggeser tampilan dokumen secara vertikal.
7. Horizontal scroolbar : menggeser tampilan dokumen secara horizontal.
8. Halaman tempat membuat teks atau dokumen.
9. Horisontal Ruler : melihat atau mengatur batas teks.
10. Ruler indent : mengatur tabulasi.
11. Kursor : penanda posisi aktif pengetikan secara default teks yang diketik akan ditempatkan di kursor.
12. Vertikal ruler :melihat atau mengatur batas teks.
13. Toolbar drawing : kumpulan tombol shorcut untuk membuat gambar atau bentuk sederhana.
14. Status bar : untuk menampilkan halaman yang aktif, jumlah halaman, baris dan kolom yang aktif.

PENUTUP

A. Kesimpulan
Dari uraian diatas maka penulis mengambil kesimpulan :
1. Di era globalisasi ini sangat di perlukan khususnya bagi pelajaar untuk menguasai ilmu komputer seperti Ms. Office (Word, Excel dan PowerPoint).
2. Para guru minimal harus tahu cara mengoperasikan Komputer terutama Ms. Word.
3. Ms. Word sebagai salah satu ilmu komputer yang paling banyak dioperasikan di seluruh dunia.


B. Saran
Perkembangan dunia di era globalisasi ini memang banyak menuntut perubahan kesistem pendidikan nasional yang lebih baik serta mampu bersaing secara sehat dalam segala bidang. Salah satunya adalah ilmu Komputer yang harus di lakukan bangsa Indonesia agar tidak semakin ketinggalan dengan negara-negara lain adalah dengan meningkatkan kualitas pendidikannya terlebih dahulu.
Untuk mewujudkan impian tersebut maka penulis merasa tugas pembuatan makalah mengenai Ms. Word ini sangatlah penting bukan hanya bagi penulis tapi juga bagi pembacanya. Semoga dengan adanya makalah ini kita semua lebih mengerti lagi mengenai apa itu komputer dan Ms. Word.

No comments:

Post a Comment