Thursday, January 8, 2015

Cara memblokir situs web menggunakan WEB PROXY

Pada postingan ini saya akan membahas tentang bagaimana cara memblokir/block website di mikrotik dengan Web Proxy. Jika sebelumnya saya pernah posting CARA BLOK WEBSITE DI MIKROTIK MENGGUNAKAN LAYER7 PROTOCOLS, dan CARA MENGGANTI TAMPILAN ERROR WEBPOXY sebenernya tidak jauh beda dengan artikel sebelumnya, untuk lebih jelasnya berikut sobat:
Web Proxy Mikrotik sendiri memiliki beberapa fungsi, salah satunya yaitu fungsi filtering. Fitur Filtering Web Proxy ini dapat membatasi akses konten-konten tertentu yang di-request oleh client. Sobat dapat membatasi akses ke situs tertentu, ekstensi file tertentu, melakukan redirect (pengalihan) ke situs lain, maupun pembatasan terhadap metode akses HTTP. Hal tersebut tidak dapat Sobat lakukan jika hanya menggunakan NAT.
1. Login mikrotik via Winbox
2. Selanjutnya kita aktifin dulu Transparent Web Proxy yang ada di IP --> Web Proxy --> Web Proxy Setting, nah di situ sobat atur seperti gambar dibawah dan di bawahmya juga saya lampirkan scipt nya agar lebih mudah tinggal di copy/paste.

3. Selanjutnya setelah selesai pengaturan di atas, kemudian di Web Proxy kemudian pilih tab Access dan klik tanda +  kemudian masukan situs yang akan di blokir di kolom Dst. Host misal *facebook.com* dan kemudian pilih deny di kolom Action kemudian OK.
4. Step selanjutnya pilih IP --> Firewall kemudian pilih Tab NAT kemudian klik tanda + General dan pada kolom Chain --> dsnat kemudian di kolom Protocol --> 6(tcp) dan di kolom Dst. Port --> 80, selanjutnya di Tab Action kolom Action --> redirect dan di kolom To Port --> 8080.

5. Dan untuk hasilnya seperti ini.
 





Sumber : http://budigold.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment