Saturday, January 24, 2015

Cara Membuat Blog WordPress Gratis Self Hosting di IdHostinger

Bagaimana cara membuat website di IdHostinger 
Hosting?
Pertanyaan itu akan saya jawab ditulisan ini. IdHostinger adalah hosting yang memiliki paket gratis dan berbayar. Hosting gratis dari IdHostinger sangat cocok digunakan untuk pemula yang baru terjun membuat website atau blog.
Kamu juga bisa memilih alternatif hosting gratis lainnya, 6 Hosting gratis terbaik yang pernah ada.
Meskipun gratis mereka tetap memiliki fitur berbayar seperti hosting premium yang saya rekomendasikan, salah satunya adalah Auto Installer. Dengan auto installer, membuat website CMS seperti membuat blog WordPress di IdHostinger Hsoting akan sangat mudah, hanya tinggal satu klik.
Di Hosting premium seperti Web Hosting HawkHost atau Web Hosting HostGator, mereka memakai fantastico deluxe untuk intall WordPress dengan satu klik.
Beberapa keuntungan jika kita memakai Hosting Gratis dari IdHostinger yaitu:
  • Memiliki paket hosting gratis selamanya
  • Memiliki bandwidth dan space yang besar
  • Customer service yang handal
  • Install WordPress di IdHsotinger hanya satu klik
Sedangkan beberapa kelemahan yang dimiliki IdHostinger yaitu:
  • Resource CPU dan Memory kecil
  • Belum Memakai cPanel
Oke, saya siap dengan semua kelebihan dan kelemahan IdHostinger. Bagaimana cara membuat blog WordPress gratis self hosting memakai IdHostinger?
Pada tutorial di bawah, saya memakai registrar NameCheap, namun seharusnya tidak jauh berbeda dengan Registrar domain pada umumnya, yang kita lakukan hanya update NS domain saja.

Membuat Blog WordPress Gratis di IdHostinger

Selain membuat WordPress blog, kita juga bisa membuat website di IdHostinger. Caranya tidak jauh berbeda dengan tutorial ini.
membuat blog wordpress gratis
Buat akun gratis hosting IdHostinger.
Pertama silahkan buat akun IdHostinger Hosting, link affiliasi saya. setelah itu login. Dalam tutorial ini saya memakai domain empistosmedia.com yang saya registrasikan di NameCheap.
Setelah kita berhasil membuat akun di IdHostinger silahkan login dengan user ID dan password yang telah kamu buat lalu arahkan ke pada tab Hosting.
Hosting gratis dari IdHostinger
Klik Tab Hosting, lalu klik link “Buat Akun Baru”
Setelah masuk ke akun IdHostinger, yang kita perlukan sekarang adalah mendaftarkan domain. Caranya klik tab hosting > Buat akun baru.
membuat blog wordpress gratis
Saya memakai domain empistosmedia.com yang saya daftarkan di registrar namecheap. Isi semua form yang diperlukan
Jika kamu memiliki domain, pilih opsi domain. Tetapi jika kamu belum memiliki domain pilih subdomain. Isi semua form yang diperlukan, setelah itu klik Buat.
Administrasi Domain NameCheap
Kamu akan dibawa ke halaman dashbord domain. Klik kelola domain yang kamu inginkan.
Halaman ini adalah halaman dimana kamu menyimpan semua domain yang ada di IdHostinger. Klik kelola domain yang kamu daftarkan sebelumnya.
Name Server IdHostinger Hosting Gratis
Untuk mengarahkan domain ke IdHostinger kita memerlukan NS domain.
Sekarang kita akan mencari Name Server untuk domain yang baru kita daftarkan. Caranya, klik Detail yang ada pada grup Akun.
Menyalin Name Server IdHostinger
Copy semua Name Server yang ada kedalam NotePad.
Copy Name Server yang ada. Nantinya Name Server ini akan kita isikan pada domain yang kita daftarkan. Dalam contoh ini, saya memakai domain empistosmedia.com

Update Name Server Domain pada NameCheap

Kita sudah berhasil membuat akun Hosting gratis dengan IdHostinger, kita juga sudah mendapatkan name server IdHostinger. Selanjutnya kita akan update NS yang sudah kita dapatkan sebelumnya pada domain empistosmedia.com yang saya registasikan di registrar NameCheap.
Manage Domain NameCheap
Kelola Domain yang ada di NameCheap
Login ke NameCheap, lalu pilih Manage Domain.
Update DNS pada NameCheap
Pilih Domain yang Akan kita Update Name Server domain tersbut.
Di halaman ini, kamu bisa mengelola semua domain yang sudah kamu daftarkan di NameCheap. Pilih domain yang akan kamu kelola. Dalam contoh ini saya memakai domain empistosmedia.com.
DNS IdHostinger
Kita akan menggunakan DNS IdHostinger, pilih Transfer DNS to Webhost
Karena kita akan memakai DNS IdHostinger, di namecheap kita harus memilih Transfer DNS to Webhost. Akan tetapi, jika kamu memrlukan DNS Hosting yang lengkap kamu tinggal mengembalikan DNS ke namecheap dengan mengklik Transfer DNS back to us.
Update DNS Server
Paste NS domain yang ada pada NotePad sebelumnya. Setelah itu klik save change.
Paste NS domain yang kita simpan pada NotePad sebelumnya. Klik Sava change. Tunggu maksimal 24 jam untuk mengarahkan domain pada Hosting IdHostinger. Dalam kasus saya, saya hanya menunggu kurang dari dua jam.
Cara membuat website gratis
Jika dimain kamu sudah mengarah ke IdHostinger, kamu bisa mengakses domain tersebut lalu terdapat tampilan seperti di atas.
Jika domain sudah mengarah, kamu bisa mengakses domain tersbut. Akan ada tampilan “Akun anda sudah berhasil dibuat”.

Installasi WordPress di IdHostinger

Hosting sudah siap dan domain sudah mengarah ke hosting, selanjutnya apa?
Selanjutnya kita akan install WordPress di IdHostinger hanya dengan satu klik. Di IdHostinger, hebatnya kita tidak harus membuat database secara manual. Semuanya berjalan secara otomatis.
Login ke IdHostinger pilih tab Hosting > Kelola Domain > Lalu masuk pada grup Website.
install WordPress di IdHostinger
Grup website, di sini kita bisa memilih berbagai kelengkapan website dan autoinstaller CMS.
Masuk pada grup website, lalu temukan ikon “penginstallaan otomatis”. Klik ikon tersbut.
cara install CMS WordPress
Berbagai script CMS, portal, dan forum bisa ditemukan di sini. Untuk install script tersbut sangat mudah, hanya dengan satu klik.
Masuk pada grup blog, lalu pilih WordPress. Selanjutnya kita bisa membuat blog WordPress gratis di IdHostinger hanya dengan satu klik saja.
membuat blog wordpress gratis di idhostinger
Masukan data yang diperlukan. Hindari penggunaan nama admin atau administrator pada form ID.
Isi data yang diperlukan. Jangan gunakan ID “admin” atau “Administrator”, gunakan nama unik kamu. Isi password dengan memakai kombinasi angka, uppercase, dan lowercase. Lalu kilik Install WordPress. Tunggu beberapa detik, autoinstaller akan mulai install wordpress di IdHostinger.
WordPress Blog dengan IdHostinger
Selamat! kamu berhasil membuat blog wordpress gratis di idhostinger
Kunjungi domain yang kamu daftarkan sebelumnya.
WHOAAA!! kamu sudah berhasil membuat blog WordPress gratis di IdHostinger.
Untuk masuk ke akun wordpress kamu, kungjungi “http://domain.com/wp-login.php”. Ganti domain.com dengan nama domain yang kamu buat sebelumnya

Apa Selanjutnya..?

Membuat blog WordPress gratis di IdHostinger ternyata tidak sulit. Kita sudah berhasil install WordPress di IdHostinger. Selanjutnya kita akan mengisi konten dan membangun blog WordPress tersbut agar ramai dikunjungi.
Supaya blog WordPress yang kita buat ramai dikunjungi, kita akan belajar SEO selanjutnya. Lihat, dari mana saya mulai.
Ada beberapa hal yang harus kamu lakukan setelah berhasil Install WordPress di IdHostinger.
Bagaimana mudah bukan? membuat blog WordPress gratis self hosting
Jangan lupa subscribe untuk mendaptkan informasi seputar pengembangan blog WordPress. Setiap bulannya kami akan mengitimkan tips dan trik yang menarik ke email kamu.Semoga Tutorial membuat blog WordPress di IdHostinger ini bisa bermanfaat.

No comments:

Post a Comment